7 Jenis Makanan Penting Nutrisi Untuk Ibu Hamil

7 Jenis Makanan Penting Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Kehamilan akan menyebabkan perubahan fisik dan psikis bagi seorang calon ibu karena perubahan hormone yang terjadi dalam tubuh. Saat hamil tubuh membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi lengkap untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Apa saja jenis nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil? Berikut adalah daftar makanan yang baik untuk memenuhi nutrisi untuk ibu hamil :

1. Sayuran

Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi sayuran hijau seperti kangkung dan bayam. Selain kaya akan serat, sayuran ini juga mengandung vitamin C, zat besi, dan folat yang baik untuk perkembangan otak janin sehingga dapat mengurangi bayi lahir cacat. Zat besi dalam sayuran dapat mengatasi anemia yang sering dialami oleh ibu hamil.

2. Ikan

Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan selama kehamilan untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Kandungan omega 3 dalam ikan dapat mendukung perkembangan system saraf dan mata pada bayi dalam kandungan sehingga mampu menurunkan resiko bayi lahir cacat. Tetapi sebelum mengkonsumsi ikan, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kesegarannya dan tidak mengandung zat polutan berbahaya bagi kesehatan.

3. Daging Merah

Daging merah kaya akan zat besi yang baik untuk mengatasi anemia saat hamil. Selain itu daging merah juga mengandung protein tinggi yang dibutuhkan selama kehamilan. Namun hindari mengkonsumsi hati karena mengandung retinol tinggi yang berbahaya bagi kesehatan janin dalam kandungan.

4. Nasi Merah

Nasi merah mengandung zat besi, serat, dan vitamin B yang baik untuk mendukung produksi sel darah merah dan menjaga kesehatan system saraf. Selain itu nasi merah juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dapat mempetahankan rasa kenyang lebih lama.

5. Strawberry

Buah strawberry kaya akan vitamin C, serat, folat, dan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas sehingga janin dalam kandungan lebih terlindungi. Vitamin C dalam buah ini dapat meningkatkan system kekebalan tubuh sehingga ibu hamil tidak mudah sakit dan selalu aktif beraktivitas.

6. Kiwi

Kiwi ternyata mengandung vitamin C lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Buah ini juga mengandung asam folat dan antioksidan tinggi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan.

7. Pisang

Buah pisang memiliki segudang manfaat untuk ibu hamil. Kandungan potassium dalam pisang mampu mengatasi pembengkakan dank ram saat kehamilan, selain itu kandungan serat dan gula dalam pisang dapat mencegah terjadinya sembelit dan memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga buah ini cocok dijadikan camilan selama kehamilan.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Setelah memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan, ibu hamil juga harus mempersiapkan produk bayi berkualitas saat si kecil lahir. Salah satu produk bai berkualitas adalah Zwitsal yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan aman untuk si kecil.

Share