Apa sebenarnya conversion rate optimization ?

conversion rate optimization

Apa sebenarnya conversion rate optimization ?

Apa sebenarnya conversion rate optimization ?

Jika anda seorang pedagang conversion rate optimization (RO) akan sangat di perlukan. Berangkat dari pengertianya secara bahasa dapat diartikan sebagai pengoptimalan rate konversi. Jika anda sedang berjualan barang atau jasa hal ini akan sangat berguna dan berpengaruh terhadap ke efektifan penjualan anda. Misalnya jika anda mempunyai 100 orang pengunjung dan terdapatĀ  5 orang pengunjung yang benar-benar menggunakan layanan anda, maka CRO anda adalah 5% namun setelah anda melakukan pengoptimasian baik dalam landing page atau bahkan produk atau jasa yang anda jual sehingga dari 100 pengunjung tersebut menjadi 8 orang yang menggunakan jasa/produk anda sehingga conversion rate optimization naik menjadi 8%, hal inilah yang disebut sebagai pengoptimalan konversi.

Mengapa conversion rate optimization sangat penting?, conversion rate optimization atau dapat di singkat sebagai CRO berperan aktif dalam efisiensi asset yang anda miliki. Kita akan membahas lebih jauh bagaimana CRO anda dapat dioptimalkan. Menentukan aspek yang dapat dioptimasi adalah langkah pertama yang dapat membantu anda, berikuit ini adalah hal yang dapat di optimasi dalam pengoptimalan konversi :

Pengoptimalan Call to Action (CTA)

Apakah anda sudah terbiasa mendengar CTA? Call to action jika di artikanĀ  secara bahasa maka berarti kata kata yang dapat mengajak atau mendorong konsumen untuk menggunakan produk atau jasa anda.

Memahami Conversion Funnel

Memahami Conversion funnel sangat penting bagi seorang penjual. Dengan demikian anda dapat menemukan masalah-maslaah yang mungkin muncul ketika seorang konsumen ingin menggunakan produk/jasa anda. Dari sanalah anda dapat meminimalisir terjadinya masalah untuk meningkatkan konversi penjualan.

A/B or Split Testing

Jika anda telah memahami 2 hal CTA dan conversion funnel maka anda akan sangat perlu untuk menguji keefektifan berdasarkan data autentik atau melalui riset. Dengan menggunakan teknik A/B testing atau split maka anda dapat membandingkan keefektifan sebelum dan sesudah melakukan sebuah perubahan. Data ini dapat digunakan sebagai acuan pengoptimalan CRO anda.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam melakukan pengoptimalan konversi.

Baca juga: 6 Langkah Mudah Mengajukan KPR Perumahan Murah

 

Share