Langkah-Langkah Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Langkah-Langkah Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Salah satu dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap pengusaha untuk mendirikan dan menjalankan usaha yang mereka miliki adalah SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan). Surat izin ini dikeluarkan oleh kantor pelayanan perizinan daerah setempat. Yang wajib mengantongi SIUP bukan hanya pengusaha skala besar saja tetapi usaha kecil dan menengah juga wajib memilikinya. Bagaimana cara mengajukan SIUP? Berikut adalah langkah-langkah untuk mengajukan SIUP untuk usaha perseorangan di kantor pelayanan perizinan:
1. Lengkapi dokumen

Sebelum mengajukan permohonan SIUP maka pengusaha harus menyiapkan beberapa dokumen penting diantaranya adalah:

 Fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk) pemilik usaha
 Fotocopy KK (Kartu Keluarga) jika pemilik usaha ini adalah seorang perempuan
 Fotocopy NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
 Surat keterangan domisili
 Fotocopy akta pendirian usaha
 Fotocopy surat pengesahan badan hokum
 Surat HO
 Izin prinsip
 Pasfoto pemilik usaha (ukuran 4×6)
 Materai senilai Rp 6.0002. Ambil formulir pendaftaran
Formulir pendaftaran SIUP dapat diperoleh di kantor perdagangan atau kantor perizinan setempat. Pengambilan formulir ini dapat diwakilkan jika Anda berhalangan untuk hadir.

3. Mengisi formulir dan ditandatangani

Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar kemudian tandatangani diatas materai yang telah disediakan. Setelah formulir tersebut diisi dengan lengkap maka fotocopy sebanyak 2 rangkap dan gabungkan dengan semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

4. Membayar biaya administrasi

Setelah formulir diisi lengkap dan ditandangani maka langkah selanjutnya adalah mengembalikannya kepada petugas pelayanan lengkap dengan dokumen yang wajib dilengkapi. Anda diwajibkan untuk membayar biaya administrasi pembuatan SIUP. Biaya administrasi ini setiap kota atau daerah berbeda-beda tergantung dari peraturan daerah masing-masing.

5. Pengambilan SIUP

Langkah terakhir yaitu mengambil SIUP yang dikeluarkan oleh kantor pelayanan perizinan. Biasanya SIUP dapat diambil setelah 2 minggu dari waktu pendaftaran dan Anda dapat mengambilnya langsung di kantor pelayanan perizinan tempat pendaftaran awal.

Itulah langkah-langkah untuk membuat SIUP dalam mendirikan usaha, selain SIUP masih banyak lagi surat izin yang harus dikantongi oleh pengusaha dalam mendirikan dan menjalankan usaha yang dikeluarkan oleh BKPM.

Share