Konsep CRO (Conversion Rate Optimization) Dalam Digital Marketing

Conversion Rate Optimization

Konsep CRO (Conversion Rate Optimization) Dalam Digital Marketing

Konsep CRO (Conversion Rate Optimization) Dalam Digital Marketing

Kesuksesan dalam digital marketing di era yang serba digital ini tentu menjadi hal penting bagi setiap orang ataupun company yang menggunakannya sebagai media untuk memasarkan produk barang dan jasa yang dijualnya. Jika selama ini SEO (Search Engine Optimization) menjadi andalan dalam melakukan ragam usaha secara online, Conversion Rate Optimization (CRO) tentu masih cukup asing didengar oleh publik secara umum. Apa itu CRO, tentunya anda penasaran dengan istilah tersebut.  CRO merupakan teknik atau metode yang ditujukan untuk menciptakan pengalaman pada situs website agar dapat mengkonversi pengunjung menjadi pembeli, bahkan pelanggan.

Salah satu benefit yang didapat ketika anda memanfaatkan teknik Conversion Rate Optimzation, yakni CRO  tak hanya membuat website anda memiliki banyak pengunjung, tetapi lebih dari itu. Anda dapat memiliki banyak pembeli bahkan pelanggan dengan cara membuat pengunjung website anda menjadi lebiih tertarik untuk browsing di sana dan akhirnya membeli produk yang anda jual.

Konsep CRO dalam digital marketing yang perlu dperhatikan:

 

  1. Conversion Funnel/ Saluran konversi, yakni jalur utama dari pengalaman pengunjung ketika pengunjung selesai melakukan konversi.
  2. A/B (Split Testing), pengujian satu versi dengan versi lainnya dalam hal yang sama.
  3. Multivariat Testing (MVT), yakni pengujian beberapa variasi unsur halaman yang berbeda-beda dalam berbagai kombinasi untuk menentukan unsur-unsur kinerja terbaik dan kombinasinya.
  4. CTA (Call To Action), merupakan pilihan tombol yang mengarahkan pelanggan untuk menuruti arahan dalam website. Contohnya tombol bertuliskan “Download Sekarang”.
  5. Adanya pendekatan Struktur
  6. Feedback dari pelanggan
  7. Analisis perjalanan pelanggan

Itu dia sedikit tentang CRO, mulai dari definisinya, manfaatnya dan konsep yang  biasanya digunakan dalam teknik CRO. Membuat pengunjung lebih mudah dalam menjelajahi website anda dan akhirnya terjadi konversi dari sekedar pengunjung menjadi pembeli juga  pelanggan, tentu sangat menarik. Mencetak kesuksesan dalam digital marketing dengan menggunakan konsep Conversion Rate Optimization (CRO)sama sekali bukan ide buruk, dan layak sekali untuk anda coba untuk kemajuan usaha anda.

Share