Dunia E-Commerce Saat Ini

Dunia E-Commerce Saat Ini

Dunia bisnis memang tidak ada matinya. Seiring waktu berjalan serta semakin canggihnya teknologi yang berkembang, dunia bisnis dihadiri oleh banyak sistem transaksi yang berbeda-beda. Begitu juga dengan kehadiran e-commerce Indonesia memberi banyak pengaruh dan dampak bagi penjualan produk-produk. Tidak dapat disangkal bahwa kini perkembangan e-commerce di indonesia saat ini menjadi bagian gaya hidup yang memberi banyak keuntungan, baik bagi pihak penjual juga pihak pembeli dan pihak investor. Berikut dampak-dampal e-commerce di Indonesia bagi penjualan produk-produk yang dapat menjadi referensi ketika Anda ingin mencoba bisini dalam bidang e-commerce atau untuk Anda yang ingin mencoba investasi dalam bidang e-commerce.

Dampak terhadap penjual produk yang pertama adalah e-commerce merupakan bentuk bisnis dengan promosi yang lebih mudah. Semakin merajanya dunia internet, maka penjualan produk-produk semakin mudah dipasarkan. Bentuk promosi juga semakin beraneka ragam seperti iklan-iklan yang diselipkan atau dibagi. Dampak berikutnya adalah menciptakan saluran sistem distribusi yang baru. Dalam transaksi e-commerce Indonesia pihak penjual secara tidak langsung menciptakan saluran sistem distribusi yang baru di mana melibatkan pihak jasa distribusi lain yang dapat mencakup ke banyak wilayah. Sehingga penjualan produk tidak melampau batas tempat atau wilayah. Dampak ketiga adalah penghematan. Ini menjadi kelebihan dibandingkan bisnis dalam bentuk off-line. Dengan menggunakan bentuk e-commerce, pihak penjual tidak perlu membangun sebuah toko dalam bentuk ruangan atau gedung untuk menjual produk-produknya.

Dampak terhadap penjualan produk selanjutnya ialah penjual dapat memberi pelayanan yang lebih memuaskan. Konsumen atau pembeli akan sangat senangat dan tertarik dengan sistem yang lebih mudah serta praktis. Penggunaan transaksi bisnis e-commerce membuat pihak penjual mudah memberi pelayanan seperti pemberian respon terhadap sebuah transaksi. Begitu juga dengan konsumen yang sama-sama mudah dalam melakukan pembayaran. Dampak kelima dari adanya e-commerce Indonesia ialah penjualan yang tidak perlu menentu dalam satu jenis produk saja. Pihak penjual yang menggunakan bentuk e-commerce sebagai bisnis tidak perlu hanyak menjual satu jenis produk saja. Segala macam jenis produk yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen dapat dijual dalam waktu yang sama atau bebarengan.

Dampak terakhir yaitu hemat akan waktu. Karena e-commerce lebih praktis, pihak penjual akan mendaoat waktu kosong yang lebih banyak. Itulah dampak-dampak yang didapatkan dari adanya e-commerce terhadap penjualan produk. BKPM atau Badan Koordinasi Penanaman Modal sudah melihat peluang besar dalam bagian iventasi di dunia e-commerce sejak 2014. Dengan kebutuhan yang semakin meningkat, dunia e-commerce khususnya e-commerce Indonesia akan terus berkembang. Terbukti di awal tahun 2016 ini sebanyak 24 proyek telah berjalan dan direalisasi oleh investor asing dalam bidang e-commerce. Anda dapat membuka situs resmi BKPM untuk mendapat informasi lebih jelas mengenai perkembangan investasi dalam bidang e-commerce di Indonesia.

Share