Inisiasi Menyusui Dini

Inisiasi Menyusui Dini

Inisiasi Menyusui Dini atau yang biasa juga dikenal dengan IMD adalah proses membiarkan bayi dengan sendirinya dapat menyusu dalam satu jam pertama kelahirannya, dan terjadinya kontak kulit antara bayi dengan kulit sang ibu, bayi akan dibiarkan selama satu jam di dada ibu, hingga sang bayi berhasil mencari dan menemukan sendiri puting susu ibu dan menyusu. Ada beberapa hal yang membuat bayi bisa menemukan sendiri puting susu ibunya, beberapa hal tersebut antara lain.

1. Sensory Inputs

Bayi juga memilki indera saat baru dilahirkan, sehingga bayi juga bisa mencium, melihat, mengecap, mendengar, dan bisa merasakan dengan sentuhan namun masih belum bekerja dengan maksimal. Jadi setelah bayi lahir, bayi tersebut biasanya akan menjilati jarinya sendiri dan merasakan cairan amniotic yang melekat pada jari-jari tangannya. Aroma cairan amniotic tersebut seperti aroma puting susu sang ibu, sehingga bayi akan mencari aroma yang berasal dari puting tersebut dan mulai menyusu setelah berhasil menemukannya.

2. Central Component

Otak bayi yang baru lahir sudah siap beradaptasi dengan lingkungannya, lingkungan yang paling dikenal oleh bayi adalah tubuh sang ibu. Rangsangan ini harus segera dilakukan, jika tidak dilakukan maka bayi akan kehilangan kemampuan ini sehingga menyebabkan bayi lebih sering menangis.

3. Motor Outputs

Bayi yang merangkak di atas tubuh ibunya merupakan gerakan alami yang dilakukan setelah lahir, sehingga bayi berusaha mencapai puting susu ibunya. Selain berfungsi mencari puting susu ibunya, gerakan ini juga memberikan banyak manfaat untuk ibu, seperti mendorong pelepasan plasenta dan mengurangi pendarahan pada rahim ibu.

Bagi para ibu yang sedang hamil dan segera melahirkan, ibu juga harus memperhatikan peralatan bayi setelah melahirkan. Karena perawatan bayi ini sangat berguna untuk kesehatan dan kenyamanan sang bayi. Peralatan yang sudah teruji baik sejak lama adalah ZWT Zwitsal, karena ZWT Zwitsal mengandung bahan-bahan alami yang aman untuk kesehatan kulit bayi, jadi produk ini sangat cocok untuk semua jenis kulit bayi bahkan aman untuk digunakan kulit bayi yang sensitif.

Itulah berbagai informasi tentang inisiasi menyusui dini, semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi para calon orang tua.

Share