Jakarta Stock Exchange dan Perbedaannya dengan Bursa Efek

Jakarta Stock Exchange dan Perbedaannya dengan Bursa Efek

Jakarta Stock Exchange – Tahukah Anda tentang perbedaan antara pasar modal dan bursa efek? Keduanya adalah istilah yang kemungkinan besar sudah Anda pernah dengar di berita dan koran, tapi belum tentu mengerti. Mengingat ada 2 bursa efek di Indonesia, yaitu Jakarta Stock Exchange alias Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan juga Bursa Efek Surabaya (BES), mari mengenal lebih dekat tentang kedua istilah ini dan hubungan di antara keduanya.

Beda Antara Jakarta Stock Exchange dan Pasar Modal

Pada dasarnya, pasar modal didefinisikan sebagai tempat untuk melakukan transaksi jual beli untuk instrumen kredit yang sifatnya jangka panjang. UU No.8 Tahun 1995 menyebutkan pasar modal sebagai pasar untuk melakukan kegiatan penawaran bersifat umum serta perdagangan efek, dan ini melibatkan perusahaan publik dan lembaga yang berkaitan. Sementara Stock Exchange Jakarta pada dasarnya adalah salah satu kegiatan dari pasar modal tersebut.

Pasar modal sendiri memiliki 2 jenis pasar yang harus dimengerti, yaitu Pasar Perdana dan Pasar Sekunder. Ini pengertiannya:

  1. Pasar Perdana (Primary Market)
  • Merupakan penawaran saham pertama kali dari emiten kepada pemodal dalam waktu yang ditetapkan penerbit (biasanya 6 hari). Ini terjadi sebelum saham nantinya dijual di Pasar Sekunder.
  • Harga dari saham ditentukan penjamin emisi dan perusahaan yang sudah publik, dan sifatnya tetap.
  • Perusahaan bisa memperoleh dana yang diperlukan untuk kemudian digunakan sebagai cara meluaskan modal dan memproduksi lebih banyak barang dan jasa, melunasi hutang, maupun memperbaiki struktur untuk modal usaha.
  1. Pasar Sekunder (Secondary Market)
  • Setelah selesai tawar-menawar di Pasar Perdana, tempat inilah yang menjadi tempat jual-beli saham antar investor.
  • Efek bisa dijual-belikan setiap saat, sehingga bagi para pengusaha, tempat ini sangatlah berguna untuk mengumpulkan para investor.
  • BEJ dan BES adalah tempat di mana Pasar Sekunder ini terjadi.

Jadi, sekarang Anda sudah lebih mengerti, bukan? Jakarta Stock Exchange adalah bagian dari pasar modal, tempat di mana pembeli dan penjual efek bertemu, dan pasar terus tercipta untuk terus memacu perkembangan ekonomi. Di sinilah dana untuk para pengusaha didapatkan. Kalau Anda mau mendapatkan informasi lebih banyak mengenai pasar modal ini, kunjungi saja IDN Financials.

Share