4 Strategi Ampuh Menghadapi Keluhan Customer

4 Strategi Ampuh Menghadapi Keluhan Customer

Menjalankan bisnis tiket pesawat online merupakan hal yang penuh dengan tantangan, seperti halnya menjalankan bisnis-bisnis yang dirintis sendiri, dengan atau tanpa bantuan dari mitra maupun dari teman-teman. Uniknya, masalah modal biasanya bukan menjadi masalah bagi bisnis tiket online seperti ini, lantaran memang modalnya yang hanya sedikit. Tapi yang menjadi tantangan lain adalah menghadapi customer yang sulit.

Di dalam bisnis agen tiket pesawat online, customer yang puas dengan layanan Anda merupakan kunci penting agar bisnis Anda bisa terus berjalan dengan lancar dan bertahan. Tapi berhubung Anda juga berada di bidang bisnis jasa, ini berarti Anda akan menghadapi banyak customer yang memiliki permintaan banyak, sering marah, ataupun menuntut macam-macam, bahkan ketika Anda tak berbuat salah sekalipun. Ini tentu saja akan lebih parah ketika Anda memang membuat kesalahan yang merugikan customer.

Jadi, apa yang harus dilakukan saat menghadapi customer yang sedang marah tersebut? Begini yang harus Anda lakukan:

  1. Diam, dengarkan, dan minta maaf

Ketiga sikap di atas adalah hal terbaik yang bisa dilakukan saat berhadapan dengan customer sulit. Dengarkan komplain mereka, minta maaf atas kelalaian Anda, serta tawarkan kompensasi atau perbaikan.

  1. Terima tanggung jawab dan tanya apa yang mereka inginkan

Tak peduli komplain customer benar atau tidak yang penting adalah Anda menerima tanggung jawab. Tak usah buat alasan atau menyalahkan orang lain. Kemudian tanyakan apa yang mereka inginkan.

  1. Jawaban yang personal

Jangan berikan jawaban yang terkesan seperti email otomatis, tapi buatlah sepersonal mungkin. Panggil mereka dengan nama mereka, dan akhiri dengan ramah.

  1. Berikan benefit

Kalau Anda tak ingin kehilangan customer tersebut, maka tawarkan benefit lebih kepada mereka (sesuai dengan kemampuan Anda) untuk tetap menggunakan jasa Anda.

Meskipun sangat menyebalkan, komplain seperti ini juga membawa berkah bagi bisnis tiket pesawat online Anda. Cermati hal-hal yang membuat customer tidak puas, dan Anda bisa mendapatkan umpan balik tentang usaha Anda, baik dari segi layanan, produk, maupun dari sisi operasional. Tunjukkan pada customer bahwa Anda mendengar mereka dengan memperlihatkan perbaikan yang signifikan.

Share