Sekolah Peternak Rakyat IPB

Institute Pertanian Bogor merupakan universitas yang sudah sangat terkenal dengan prestasi dan inovasi-inovasinya. Tak hanya mencetak mahasiswa yang mampu menguasai bidang ilmu yang digeluti dan peduli dengan lingkungan hidup, IPB juga turut berperan serta dalam kemajuan di bidang pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan, dan kesehatan. Salah satunya adalah dengan dibentuknya Sekolah Peternak Rakyat pada tahun 2013 lalu.

Seperti dikutip dalam situs Republika.co.id, Institute Pertanian Bogor membentuk Sekolah Peternak Rakyat atau SPR dengan tujuan untuk memenuhi ketersediaan bibit dan daging sapi di Indonesia dalam jangka panjang. Dengan terbentuknya sekolah ini, diharapkan populasi sapi potong dapat meningkat dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Selama ini, usaha peternakan sapi lokal di Indonesia belum menggunakan sistem dan teknik budidaya yang mumpuni untuk menghasilkan sapi potong dalam keadaan baik. Peternak sapi berskala kecil juga tidak pernah mendapatkan keuntungan secara layak.

Kurang lebih ada 14 juta ekor populasi sapi potong di Indonesia. Alangkah lebih baik jika kita mampu memaksimalkan sumber daya yang kita punya lewat berbagai ilmu dan kemajuan teknologi di bidang pertanian. Sekolah ini juga merupakan bentuk pengabdian kepada lingkungan dan masyarakat. Sesuai dengan salah satu tujuan dari Institute Pertanian Bogor yang bertulis “Meningkatkan jumlah dan mutu penelitian terintegrasi sehingga menghasilkan temuan ilmu pengetahuan, paket teknologi yang bermutu dan bermanfaat bagi masyarakat (swasta, pemerintah dan lainnya)”.

Share